Selasa, 16 Juli 2013

BUNGA RAMPAI PERMASALAHAN KOTA DAN DAERAH




TENTANG BUKU INI
Kata orang bijak, bahwa tiada kehidupan yang tanpa masalah. Kehidupan adalah tantangan yang harus diatasi. Permasalahan adalah tanda-tanda adanya kehidupan, dan kehidupan adalah perkembangan. Namun disadari bahwa di samping manfaat sebagai dampak positif, sekecil apapun pembangunan juga akan mempunyai dampak negative baik secara fisik maupun sosial. Untuk itulah sedini mungkin dapat mengantisipasinya. Itulah tujuan penulisan buku ini adalah sebagai salah satu alternatif upaya mengantisipasi terjadinya dapak negatif dari perkembangan dalam melaksanakan pembangunan.
Buku BUNGA RAMPAI PERMASALAHAN KOTA DAN DAERAH ini merupakan kumpulan pemikiran penulis tentang berbagai masalah perkotaan dan daerah yang disajikan dalam bentuk tulisan-tulisan dari ringkasan laporan penelitian, makalah disajikan dalam beberapa seminar dan lokakarya, artikel-artikel opini di surat kabar dan majalah serta kumpulan tulisan yang belum dipublikasikan.
Melalui buku ini penulis mencoba mengungkapkan tetes-tetes percikan masalah yang timbul dalam rangka pembangunan perkotaan dan daerah. Adapun sistematika penyajiannya adalah bahwa buku ini terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama mengungkap berbagai permasalahan pembangunan yang sifatnya masih umum terjadi di Indonesia, bagian kedua berisi permasalahan pembangunan di kota Purwokerto dan sekitarnya, sedang bagian ketiga tentang seni dan budaya. Secara keseluruhan buku ini lebih menyerupai kumpulan cerita-cerita pendek dengan bahasa yang sederhana namun mengena, sehingga tidak membosankan untuk dibaca.
Prof. Ir. Eko Budihardjo, MSc. mantan Rektor Universitas Diponegoro Semarang sebagai pakar dan pengamat pembangunan perkotaan tingkat internasional dalam kata pengantar buku ini berkomentar bahwa: “buku karya Ir. Sunardi, MT.. ini amat berharga dijadikan acuan bagi berbagai pihak yang peduli pada pembangunan kota dan daerah, tidak hanya di Banyumas dan kota Purwokerto saja melainkan juga daerah dan kota-kota lain. Gagasan, idea, dan pokok-pokok pikiran yang terkandung di dalam buku ini layak dikembangkan sebagai wacana ilmiah dan profesional untuk mengubah keadaan kota dan daerah di segenap pelosok tanah air agar menjadi lebih manusiawi, layak untuk dihuni, mensejahterakan dan membahagiakan warganya”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar