Jumat, 12 Juli 2013

HASRAT UNTUK BERUBAH



Aku dikirimi oleh seorang teman sebuah puisi ya kurasa sangat baik. Kutidak tahu siapa penulis pertama yang mencipta puisi ini. Kumerasa bahwa anda pun perlu membaca puisi ini, terutama dalam suasana negeri yang sedang gencar-gencarnya menghendaki adanya suatu perubahan ....

Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal
aku bermimpi mengubah dunia.
Seiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku
ku dapati bahwa dunia tak kunjung berubah. 
Maka, cita-cita itu pun agak ku persempit 
lalu kuputuskan hanya mengubah negeriku 
namun, tampaknya hasrat itu pun tiada hasilnya
       
Ketika usiaku telah semakin senja 
dengan semangatku yang masih tersisa
ku putuskan untuk mengubah keluargaku 
orang-orang yang paling dekat denganku 
tetapi celakanya, mereka pun tak mau diubah.
       
Dan kini,
sementara aku berbaring saat ajal menjelang,
tiba-tiba kusadari, 
Andaikan yang pertama-tama kuubah adalah diriku, 
maka dengan menjadikan diriku sebagai tauladan, 
mungkin akan bisa mengubah keluargaku. 

Kemudian, 
berkat inspirasi dan dorongan mereka 
bisa jadi, 
aku mampu memperbaiki negeriku, 
kemudian siapa tahu, 
aku bahkan bisa mengubah dunia.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar